Selasa, 20 Mei 2014

Mengenal System Operasi Server

Berikut ini adalah sistem operasi yang bisa digunakan sebagai sebuah server:
1. Novel Netware
Novel Netware menggembangkan sistem client server dan protocol sendiri yang handal dan memerlukan hardware yang tidak terlalu tinggi sehingga pada massanya yang memiliki perangkat keras minim karena prasyarat client yang sanga minim.
2. Linux
Linux adalah sistem operasi yang bersifat multiuser, multitasking yang berbasis Unix, namun bersifat freeware, yaitu software yang bebas didistribusikan dan dikembangkan oleh semua orang.
3. Unix
Unux identik dengan sistem operasi yang mempunyai kekuatan multitasking dan fasilitas multiuser yang handal seperti halnya Linux basis dari sistem operasi adalah kernel. Unix menerapkan aturan ortodoks dari sistem operasi.
4. Microsoft Windows NT 2000 Server
Keunggulan utama seluruh produk Microsoft adalah kampanye pemasaran besar-besaran sehingga pengguna komputer menjadi sangat mengenal produk-produk Microsoft dengan baik dan menggunakan produk tersebut. Microsoft Windows NT merupakan produk terobosan daei Microsoft untuk menciptakan satu sistem operasi berbasis jaringam yang handal, userfriendly, dan bisa melakukan Symmetric Multiprocessing (SMP). Pada tahun 1994 Windows NT3.5 pertama kali direlease dan memberikan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dengan Point to Point Protocol (PPP) dan sistem jaringan client server, namun masih meninggalkan banyak bug. Pada sistem operasinya versi 4 dari Windows NT, direlease denga banyak perbaikan, tidak hanya userinterface yang sama dengan userinterface Window 95, tapi juga fitur lainya seperti Network, Inteface Information Server (IIS) 2.0 multilik RAS dan RAS autodial, Point to Point Tunneling Protocol (PPTP), DNS server yang teritergrasi, WINS, dan Intergrated router bagi berbasis protocol yang berbeda. Sedangkan Windows 2000 Server, peningkatan fasilitas yang paling esensial adalah adanya active directory server dan internet print server yang memungkinkan pengguna untuk melakukan proses cetak melalui protocol TCP/IP
Itulah beberapa sistem operasi yang bisa digunakan untuk server. Terima kasih atas kunjungannya. Tunggu Posting terbaru dari saya ya...