Selasa, 20 Mei 2014

Mengenal System Operasi Linux Ubuntu

A. Pengertian Linux Ubuntu
     Linux adalah Software sistem operasi Open Source yang gratis untuk disebarluaskan dibawah lisensi GNU (Gnu Not Unix). Jadi anda diizinkan untuk menginstall pada kompiter anda ataupun meng-copy dan menyebarluaskan tanpa harus membayar. Linux merupakan turunan dari Unix dan dapat bekerja pada berbagai macam-macam hardware mulai dari Intel x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU anda dapat memperoleh program lengkap dengan kode sumbernya (Source Code).
     Sistem operasi adalah perangkat lunak yang fungsinya sebagai menhubungkan perangkat keras (hardware) dengan pegguna/user (brainware).
      Sistem operasi linux diciptakan oleh LINUS TORVALDS. Linus Torvalds adalah salah satu mahasiswa dari Filandia.


B. Kelebihan Ubuntu
1. Bebas virus
      Untuk saat ini virus lebih senang menyerang OS dari Microsoft yang type "ext.exe". Untuk Linux sudah beda jadi virua dari OS tetangga tidak akan berjalan di OS Linux.
2. 3D Interface
      Efek 3D kita sering jumpai di OS tetangga seperti Aero. Memerlikan spek komputer yang tinggi tetapi Linux dengan spek komputer yang tidak terlalau tinggi sudah bisa 3D.
3. Kompatibilitas
      Linix kompatibel denga hampir semua perangkat kerasterbaru, dari mulai USB, Modem, WI-FI dan perangkat lain "Just plug and play".
4. Kemudahan Migrasi
5. Free/Gratis
      Tinggal download dari situs Linux Ubuntu.
6. User Friendy
      Untuk orang awal sekalipun bisa memakai Linux Ubuntu.


C. Kekurangan Linux Ubuntu
1. Koneksi Interface
      Untuk update dan install Ubuntu memerlukan koneksi internet yang cepat.
2. Terbatasnya Pengetahuan Tentang Linux Ubuntu
       Terbatasnya pengetahuan tetang Linux Ubuntu baik dari formal ataupun nonformal karena kurikulum pendidikan di Indonesia masih lebih banyak OS microsoft, biasanya kita belajar dari internet atau dari forum untuk mengetahui tantang Linux.


D. Fitur Yang Digunakan Linux Ubuntu
1. Untuk multimedia kita bisa mainkan MP3 dengan Rytimbox music player, mainkan DVD Film di Movie player, Pitivi editor untuk mengedit film.
2. Untuk jejaring sosial bisa memakai I'm Masseger seperti YahooMail, MSN, Jabber, GTalk dengan Pidgim dan Emphaty. Untuk jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dll dengan Gwibber Microblogging.
3. Email dengan evolution, Thunderbird
4. Browser dengan Firefox Opera
5. Efeck3D